15 comments on “Menunda Nikah, Sebab dan Solusinya

  1. saya menemui kendala saat ini sedang rencanakan nikah. biaya yang cukup besar bagi saya untuk buat acara yang diimpikan oleh calon istri. awalnya saya berharap ke keluarga saya bisa bantu, namun keluarga saya masih mencarinya. Sementara keluarga istri menunggu dan malu kalau digagalkan. Akhirya acara setuju denga sederhana. Tapi walaupun sederhana tetap saja uang 10 juta harus ada. sementara calon istri juga tidak punya dana dan masih mencari-cari. saya pusing sekali. sementara syarat nikah seperti mas kawin dll sudah siap. saya frustasi karena semua orang tidak bisa bantu. apalagi keluarga saya yang kurang peduli. apakah ini ujian untuk saya atau kita sendiri yang membuatnya jadi rumit. tapi itu semua karena mencegah rasa malu yang tadinya keluarga calon istri sudah bilang kemana-mana tentang acara nikah. saya harus bagaimana, waktu sudah mepet. saya mencoba shalat dan berdoa serta usaha. tapi belum ada petunjuk dna jalan dari Allah swt. saya mohon saran/komentar.

  2. problem yg saya hadapi adalah kebanyakan tuntutan dari pihak perempuan,agar punya gaji lebih,inilah yang sulit bagi saya mencari pasangan yang mau menerima saya apa adanya,kalau nikah saya sih siap aja,asal orangnya sederhana ndak neko-neko.ada yang mau silakan kontak ana.OK!

  3. bismillah..

    jazakallahu khayra atas ilmunya..
    mohon do’anya supaya dimudahkan jalan ini untuk segera ditemukan dengan jodohnya..untuk lebih bisa menjaga iman.
    Amin..

  4. AssWrWb.
    problem yg saya hadapi adalah kebanyakan tuntutan dari pihak perempuan,agar punya gaji lebih,inilah yang sulit bagi saya mencari pasangan yang mau menerima saya apa adanya,kalau nikah saya sih siap aja,asal orangnya sederhana ndak neko-neko.ada yang mau kasih solusi dan saran ??
    terima kasih banyak sebelumnya.
    jazakallahu khayra
    WssWrWb.

  5. saya juga mengalami masalah yang sama dengan mas rony, ortu dari pihak perempuan nanya berapa bantuan dari pihak laki-laki. ketika saya sebut angka, ortu perempuan kurang setuju bahkan mungkin meninjau kembali menikahkan anaknya. tolong sarannya …..

  6. Saya suka dengan seorang gadis. Ketika saya menyatakan akan melamarnya, dia membuat pengakuan kalau dia telah pernah berhubungan intim dengan 4 pacarnya sebelum saya. Dilarangkah saya menikahinya? Tolong sarannya…terima kasih

  7. Assalamu’alaikum..
    Salam knal akh, ana dpt web antum dr link syabaabussunnah. Oy, an skrg masih kuliah tapi ada keinginan menikah cepat. Kalau boleh tw, antum mnikah umur berapa? biar bisa jadi motovasi untuk ana, dan ana juga stuju dengan yang antum tulis termasuk kendala juga ada pada ana. Masih studi apalagi baru tingkat dua terus nggak brani melamar krn blum pmy penghasilan…huh

    Wa’alaikumussalam. Salam kenal juga akh… antum dari sumatera utara ya (binjai)? hmm… ana memang keturunan jawa tapi bapak ana berkata : bahwa kakeknya yaitu pada zaman perang diponogoro merantau ke sumatera utara tepatnya di pematang siantar. Jadi sampai saat ini kampung ana disana, bahkan sudah tidak dapat dilacak lagi kerabat2 yang ada dijawa. Eh… keterusan ceritanya. Na’am ana menikah pada usia 21 tahun, saat itu ana bahkan baru kuliah semester 1. dan juga ana mendahului abang ana yang pada saat itu berusia 26 tahun. Alhamdulillah beliau telah menikah kurang dari setahun setelah pernikahan ana.

  8. Ya..akh,ana dari binjai dan besar, tumbuh di binjai…dan skrg masih kuliah di FISIP USU..walaupun sedkit mbosankan…
    Wah..subhanallah ya akh,antum udah berani nikah pada semester 1,trus gimana kendala dan cara antum menghadapi tanggapan keluarga dan kuliah antum trus gimana nafkahnya,saat itu antum udah kerja blom ? Afwan byak yang ditanya..
    An semester 4 sekarang tapi baru 20 tahun. An udah thu pacaran itu diharamkan semenjak SMA tpi ttp aja pernah “kcolongan” wkt sekolah. Dan rasanya,sekarang untuk menjaga dr banyaknya syubhat2 jd an ingin nikah dgn segera…. Oya,akh sekali-sekali an boleh dong tanya atau sekedar meminta nasehat dr antum. Jika antum mau membalas, kemari juga bisa (ibnghaz@gmail.com)..
    Jazakallah khoir…

  9. Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh,

    salam kenal akh, afwan ana hanya ingin menanyakan hal yang tidak jauh berbeda dengan akh Rony di awal comment, yg berbeda adalah,dlm permasalahan ini dari keluarga akhwatnya sih ga masalah meski acaranya sederhana, namun dari keluarga ana ingin mengadakan acara yg mungkin kalau dihitung2 dananya agak besar juga.Disamping itu melihat kondisi ekonomi yg serba mahal dan beberapa masalah hutang yg ana punya plus ana sndiri blm memiliki modal yg cukup untuk acara walimah, maka kalau boleh..ana minta saran atau masukan dari antum untuk langkah yg mungkin bisa ana jalankan. mungkin Japri aja kali ya…lewat e-mail.
    Syukron Jazakallah khairan katsir.

  10. assalamualaikum..
    lgsg saja,saya dan pasangan berniat thn dpn untuk menikah karena alasan takut dgn fitnah dan zinah.namun kendalanya di ortu yg blm yakin dgn saya untuk menikah.katanya sih,terlalu muda (22th),blm ada kerjaan ttp atw lain2nya.dn mereka jg bilang saya mnikah di usia 26 saja biar lbh matang.wahh..pusing jadinya..sedangkan di pihak wanita udah oke.
    saya bingung,apa dan bgmn mana saya harus meyakinkan ortu saya ttg niatan saya untuk menikah ini.
    semoga saya mendapat jawaban lgsg dari email saya dan saya ucapkan terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
    wasalam Wr. Wb

  11. Hal yg sama dgn mas roni jg sdg saya hadapi.Sy sdh mengkhitbah seorang gadis.Awalnya smua berjalan dgn lancar,khitbah diterima tinggal nanti ortu sy datang untuk formalisasi.Hingga sampai pada bahasan masalah walimah.Smua menjadi buram ketika sy sampaikan kemampuan financial sy yg cm sekian2.Astaghfirullah.Pdhl sy udah toleran untk tdk mengadakan walimah secara islami karena keluarga akhwat inginkan konsep walimah seperti kebanyakan org didaerah sini”banten”.Skr sy sedang H2C menunggu kptsn mereka.Tapi insting sy mengatakan bhw kptsnnya adlh mereview rencana nikah.Sy sih msh berharap tdk sampai batal krn udah byk yg tahu yg dikhawatirkan akan jadi aib.Tapi….Yah..Mau gmn lg,kayanya hrs siap2 cari lain yg vacant.Mohon sarannya akh.Ternyata kecewa itu sakit juga ya.Apalagi mslhnya duit.Kok kaya tdk fair gitu.Hmm…

  12. saya menemui kendala saat ini sedang rencanakan nikah. biaya yang cukup besar bagi saya untuk buat acara yang diimpikan oleh calon istri. awalnya saya berharap ke keluarga saya bisa bantu, namun keluarga saya masih mencarinya. Sementara keluarga istri menunggu dan malu kalau digagalkan. Akhirya acara setuju denga sederhana. Tapi walaupun sederhana tetap saja uang 20 juta harus ada. sementara calon istri juga tidak punya dana dan masih mencari-cari. saya pusing sekali. sementara syarat nikah seperti mas kawin dll sudah siap. saya frustasi karena semua orang tidak bisa bantu. apalagi keluarga saya yang kurang peduli. apakah ini ujian untuk saya atau kita sendiri yang membuatnya jadi rumit. tapi itu semua karena mencegah rasa malu yang tadinya keluarga calon istri sudah bilang kemana-mana tentang acara nikah. saya harus bagaimana, waktu sudah mepet. saya mencoba shalat dan berdoa serta usaha. tapi belum ada petunjuk dna jalan dari Allah swt. saya mohon saran/komentar.

Leave a Reply

