5 comments on “Tahnik Bayi Dan Kandungan Mukjizat Nabi

  1. Ulasan yang sangat bagus bagi kita kaum muslimin wal muslimat. yang saya sedikit penasaran, apakah ada kaitannya pengaruh atau efek daripada tahnik ini terhadap kekebalan tubuh sang bayi. Seperti kita ketahui, bahwa dalam rongga mulut kita (orang tua) terdapat banyak sekali bakteri, baik yang menguntungkan maupun merugikan. jika seandainya bakteri yang merugikan tersebut ikut masuk ke dalam mulut sang bayi, bagaimana reaksi yang dialami oleh sang bayi tersebut?
    Apakah sang bayi menjadi seperti diimunisasi? ataukah bakteri tadi dapat menyebabkan sang bayi menjadi sakit-sakitan?
    Saya yakin sekali bahwa apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah benar, karena datang dari ALLAH SWT, hanya saja bagaimana kita mengolah hal yang sederhana tersebut menjadi sesuatu yang logis pada masa sekarang?

    Sebagaimana yang pernah dikemukakan oleh Dr. Zakir Naik bahwa Al-Quran itu bukan sains, melainkan sign (bukti nyata), tapi didalam Al-Quran banyak hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
    Adapun bukti logisnya, jika antum memiliki kemampuan dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan tersebut, maka sebagai seorang muslim antum memiliki andil besar untuk membuktikan permasalahan-permasalahan saint yang terdapat didalam Al-Quran menjadi sebuah kenyataan logis yang ilmiyah. Wallohu a’lam.

  2. Tahnik juga merupakan bentuk tabarruk. Air liur nabi yg menempel pada kurma akan tertelan bayi dan bersatu dengan darah dagingnya. Betapa bahagia bayi yg bisa mendapatkan keberkahan itu. Namun saat ini, setidaknya kita bisa mendapatkannya melalui para pewaris nabi, para ulama. Maka sunnah pula membawa bayi kita ke ulama untuk ditahnik. Tahnik, suatu sunnah yg terus berjalan hingga saat ini. Alhamdulillah.

    • saya dapat dari suatu artikel untuk menggantikan kurma dengan madu dikarenakan kalo orang tua mengunyah kurma dan mengoleskannya ke langit-langit bayi yang baru lahir cukup riskan. Hal tersebut dikarenakan kekhawatiran adanya kuman atau penyakit yang mungkin akan tertular antara orang yang mentahnik dengan sang bayi.perihal tahnik dengan mengunyah kurma hanya berlaku khusus bagi Nabi Hal ini terkait dengan kemuliaan dan mu’jizat yang Allah berikan kepada beliau.

  3. Syukron atas penjelasannya,slma ini aq dtentang kok ngasih mkn anak dg kurma.Skrg q dah dpt pnjelsannya.Alhamdulillah..
    Jazakalloh..

  4. alhamdulillah…uda punya referensi terbaik ttg kebaikan kurma untuk bayi….
    Semoga kita semua diberkahi…Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s