3 comments on “Pacaran, Upaya Mencari Jodoh Ideal???

  1. Assalamu’alaikum.
    Ahlan.
    Ustad saya mau tanya,bagaimana kita untuk selalu beristikomah.banyak sekali godaan,terutama masalah perempuan,Alhamdulillah sekarang ana sudah tidak pacaran.Smoga Allah memberikan ana kmudahan utk berjihad ke jalanNya.
    selanjutnya, sbelumnya ana pnah kbanyakan ngelamun,lalu msalahnya ana truz dpikirkan ttg dzat Allah,sempat takut sampai skrg klu tersugesti.ana berprasaan mengalami degradasi keimanan.
    Brangkali ustad bsa kasih komentar dan saran

    Wa’alaykumussalam Warohmatullohi Wabarokaatuh… Afwan ana bukan ustadz akh,  Alhamdulillah antum sudah meninggalkan pacaran yang merupakan salah satu bentuk mendekati zina, semoga antum diberikan ke-istiqomahan dalam meninggalkan hal tersebut dan semoga antum dimudahkan dalam mendapatkan solusi dari pacaran, yaitu segera menikah. Tentang masalah berfikir tentang Dzat Alloh, maka hendaknya antum memikirkan apa2 yang diciptakan Alloh dan tidak memikirkan tentang Dzat Alloh karena lemahnya akal kita sebagai seorang makhluq, firman Alloh :

    ” Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka “. (Qs. Ali Imran : 190-191)

    Dan hadits tentang larangan memikirkan Dzat Alloh :

    “Berpikirlah pada makhluk-makhluk Alloh dan jangan berpikir pada Dzat Alloh.” (HR. Ath-Thabrani, Al-Lalikai dan Al-Baihaqi dari Ibnu ‘Umar, lihat Ash-Shahihah no. 1788 dan Asy-Syaikh Al-Albani menghasankannya)

    Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ” Sesungguhnya syaitan mendatangi salah seorang dari kamu, lalu berkata: ‘Siapakah yang telah menciptakan ini ? Siapakah yang telah menciptakan itu ? ‘ Hingga syaitan berkata kepadanya: ‘Siapakah yang menciptakan Rabbmu ?’. Jika sudah sampai demikian, maka hendaklah ia berlindung kepada Allah dengan mengucapkan isti’adzah dan berhenti” (HR Al Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

    Wallohu a’lam

  2. Ass.Wr.Wb. Ustadz,
    Saya memiliki seorang adik perempuan yang sudah memiliki umur cukup (35 tahun), namun belum juga berumah tangga. Setiap kali ada yang mendekati atau berniat untuk melamar selalu ada saja halangan dan hambatan yang dihadapi.
    Ustadz apakah ada amalan yang dapat saya lakukan untuk adik saya tersebut, agar segera mendapatkan jodoh (calon suami). Saya sudah tidak tega melihat ibu saya, hal ini sangat membebani pikiran beliau.
    Mohon jalan keluarnya… Wassalam

  3. Ass.Wr.Wb.
    Ustadz
    saya mau cerita tentang hubungan saya dngn pcr saya ini sdh jalan 5 thn & blm jga menikah.tetapi dlm hubungan ini dri ortu saya tidak stju terutama org tua perempuan,karena beda ekonomi serta org tua dri pcr saya.pdhl ortu dri pcr saya sdh dtg krmh untuk melamar saya.tpi dri pihak kluarga saya msh blm bsa,apa mgkn mreka tdk stuju dgn mksd & tujuan dri kluarga pcr saya.smpi saya sdh menjalin hubngan terlalu jauh dgn pcr saya ini sdh kenal erat dgn klarganya.apa yg hrs saya lakukan untuk hubngan ini,pdhl pcr saya juga sdh PNS dan matang tpi dri pihak org tua msh blm trima dia & kluarganya.mohon bantuannya…wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s