74 comments on “Tutorial Hack Handphone Nokia Symbian

    • @ Cipox : belom fahamnya dimana pak? Komputernya pake windows ga? windows apa? sudah ada microsoft net firmwork blom? tulisan diatas msh dalam tahap penambahan dengan alternatif2 lain.

      • g bisa mas file CertHack_Installer signed.sisx bukan sis g iso di instal…keterangannya sertifikat terlindungi bla bla bla
        gmn toh

        • Apakah request sertifikat utk hp bapak sudah keluar dan aplikasi certhack_installer signed sudah di sign dengan sertifikat tsb? klo prosesnya sudah sesuai maka mungkin di settingan hp nya. hp bapak nokia tipe apa? klo di s60v3 atau s60v5 coba ke “Application Manager”, lalu “Options”, lalu “Settings” , pada pilihan “Software Installation” jangan pilih “Signed Only” tapi pilih “All”. trus di pilihan “Online Certificate check” pilih “Off”. COba di sesuaikan dgn hp masing2. Mudah2n bisa. Klo msh blm bisa, coba kirim file sertifikat nya ke ana, nnt ana sign dr sini aplikasinya. jd bapak tinggal install sj.

  1. mas, sy uda ada icon hackit nya di hp n80. Emang lama bgt ya proses hacking nya? Hacking…Please wait!! 😦
    Sedang menunggu proses hack ni….

    • Klo lama begitu coba di uninstall dulu aplikasi HackIt nya. lalu di install ulang file “CertUpdater.sisx” dan setelah itu file “CertHack_Installer signed.sis” ke hp anda. Perlu diingat, jika cara ini tetap g berjalan di hp anda, bisa jd hp anda adalah salah satu hp yg tidak bisa dihack. karena ana pernah punya pengalaman terhadap nokia E63 White yg tidak bisa di hack dengan cara seperti ini krn dia punya keistimewaan dgn E63 warna lain.

  2. Pingback: Tutorial Request Sertifikat (Certificate) Handphone Nokia Symbian « Reevy’s Blog

  3. Pingback: Tutorial Hack Handphone Nokia Symbian « Reevy’s Blog

  4. Salam.
    Terima kasih. Ga sampe 1 jam HP Nokia E71x ane sudah di hack. Tinggal cek aplikasi. Terima kasih ya…
    Salam.

    Okta

  5. sukses gan. mantaf nih hp ane udah di hack. tuts nya mudah difahami. makasih udah berbagi. tube 5800 ane udah bisa install macam2 sopwer

  6. mas, ane masih nggak ngerti caranya ngehack hp,apakah ada cara yang lain yang lebih mudah , hp ane nokia e61 . Please help me

    • @ Fakhri : Cara diatas adalah cara paling simpel yg baru di temukan baru2 ini mas, klo cara lain yg lebih mudah lagi ga ada, ada malah yg lebih susah pake cara flashing. add sj YM saya : akh_rizq , nanti bisa chat via YM agar lebih langsung diskusinya.

  7. artikelnya bagus. hehehe….tapi bagi yg awan pasti emang susah utk dipraktekkan. artikel anda udah bisa dikategorikan sangat komplet. saya juga sebenarnya menggunakan cara2 ini (tapi dulu) setelah pengalaman ber hack ria untuk hape saya dan request teman2 (yg minta di hack jg) saya punya komentar sendiri utk artikel anda.

    cara pertama sebenarnya ‘agak’ mubazir, seperti yg kita tau, inti dari proses hack sebenarnya adalah utk bisa meloloskan aplikasi apapun utk si hape, nah tapi yg lebih penting adalah ‘perjuangan’ utk mendapatkan cer dan key (dari Opda dsb) untuk si hape itu sendiri. nah, kalo emank dah dapat cer dan key tsb kenapa repot2 pake aplikasi pc lagi utk mensigned aplikasi unsigned. Dgn kata lain, langsung aja mulai hack hapenya. hal ini tentunya akan sangat membantu daripada mengandalkan Pc/laptop yg notabene blm tentu qta bawa kemana2. ya toh..

    Tapi saya juga kdang merasa aneh, di berbagai sumber misal disebutkan utk menghack hape diperlukan aplikasi A, padahal aplikasi A tsb juga msh terkendala kesalahan sertifikat, bagaimana mau ngehack ‘wong’ senjata (aplikasi tempur utk hack) belum bisa juga di instal ke hape. tapi untunglah ada aplikasi hape free signer dan sejenis lainnya, (skrang dah banyak koq free signer yg bisa diinstal tanpa harus di signing terlebih dahulu, umumnya berformat .sisx), nah asal bermodal aplikasi itu dan cer key yg udah tertanam di hape. mau di hack atau sekedar mensigning aplikasi tak jadi masalah. di sinilah saya ingin menambahkan bahwa ada dua pemahaman yang beda2 tipis antara hack hape dan me_signing aplikasi dimana keduanya saling berhubungan namun dapat juga dijadikan pilihan. mau hack hape aja, me_signing aplikasi aja, atau kedua2x.

    nb : maaf kepanjangan komentarx.

    • @ suryacivil06 : terimakasih pak atas komentarnya, tapi saya jadi bingung apa kesimpulannya ya dari komentar bapak diatas? apakah bapak telah membaca tulisan saya diatas secara menyeluruh?

      Biar tidak menimbulkan kebingungan bagi pembaca lainnya, maka saya sedikit memperjelas dan meluruskan saja terhadap komentar bapak diatas :

      KOMENTAR :
      “cara pertama sebenarnya ‘agak’ mubazir, seperti yg kita tau, inti dari proses hack sebenarnya adalah utk bisa meloloskan aplikasi apapun utk si hape, nah tapi yg lebih penting adalah ‘perjuangan’ utk mendapatkan cer dan key (dari Opda dsb) untuk si hape itu sendiri.”

      Saya rasa tidak ada hal yang mubazir dalam ilmu pak, kan banyak alternatif untuk melakukan proses hack terhadap hp kita, tinggal kita memilih saja mana cara yang dimengerti dan memudahkan. Klo saya lebih mudah dan lebih senang memilih proses hack dengan flashing loh, ditambah dengan CFW terhadap hp kita sesuai yang kita mau. Klo memang caranya mubazir, tapi realitas dilapangan masih banyak teman2 saya yg belum bisa hack hp nya sendiri, msh banyak juga diantara mereka yang tidak tau cara signed aplikasi. Klo bapak membaca tulisan diatas secara menyeluruh, maka ditulisan ini juga saya memberikan alternatif signed dengan aplikasi freesigner di hp. Dan saya juga menyebutkan sebenarnya ada beberapa cara lain yang banyak untuk melakukan signed terhadap aplikasi yang unsigned, bisa dgn signsis, bisa dengan aplikasi berbahasa cina spt disini : http://www.mediafire.com/?bfppfy0h9n5lnna, dst…. tapi saya menyebutkan hanya 2 cara saja yang saya anggap mudah untuk dimengerti. Cara request certifikate juga sudah saya tulis di tulisan sebelum ini, dibagian paling atas tulisan ini sudah saya sertakan link nya koq. Itu cara adalah cara paling baru dan cepat untuk mendapatkan certificate dr shoujizu.net yang dulu bernama opda.

      KOMENTAR :
      “nah, kalo emank dah dapat cer dan key tsb kenapa repot2 pake aplikasi pc lagi utk mensigned aplikasi unsigned. Dgn kata lain, langsung aja mulai hack hapenya. hal ini tentunya akan sangat membantu daripada mengandalkan Pc/laptop yg notabene blm tentu qta bawa kemana2. ya toh..”

      kan g disuruh bawa pc/laptop pak, hehe. dalam pengoptimalan penggunaan handset tetap saja memerlukan pc/laptop utk melakukan berbagai hal spt backup, copas file2, update firmware, flashing, dst… lagipula proses hacking itu cukup satu kali di hp yang bersangkutan, setelah itu maka tinggal menikmati hasil hack tersebut. Jadi apa susahnya kan klo memang mau hack hp nya untuk melakukannya via PC, selanjutnya kan bisa dilakukan langsung dari hp. Proses hack di nokia symbian juga g beda seperti proses root di hp2 android dan proses jailbreak di iOS iPhone. Proses root di android kan dilakukan di PC juga, setelah itu g perlu di root lagi, begitu pula proses jailbreak. Toh di tulisan saya ini, proses dengan melakukan pc adalah pada tahap signed aplikasi, dan aplikasi yang disigned adalah aplikasi untuk hack, bukan aplikasi2 biasa, karena disini saya hanya membahas “Tutorial Hack Handphone Nokia Symbian” secara keseluruhan.

      KOMENTAR :
      “Tapi saya juga kdang merasa aneh, di berbagai sumber misal disebutkan utk menghack hape diperlukan aplikasi A, padahal aplikasi A tsb juga msh terkendala kesalahan sertifikat, bagaimana mau ngehack ‘wong’ senjata (aplikasi tempur utk hack) belum bisa juga di instal ke hape. tapi untunglah ada aplikasi hape free signer dan sejenis lainnya, (skrang dah banyak koq free signer yg bisa diinstal tanpa harus di signing terlebih dahulu, umumnya berformat .sisx)”

      Bapak menyadari sendiri bahwa aplikasi untuk hack memang terkendala dengan sertifikat juga. Karena memang semua aplikasi hack terkendala dengan sertifikat, karena general sertifikat itu didapat secara resmi yang bekerjasama dengan nokia langsung sebagai developer resmi. sedangkan sertifikat personal didapat secara tidak resmi yang hanya bisa diterapkan di satu hp tertentu dan tidak dapat diterapkan di hp lain. Maka selagi kita tidak bisa membuat suatu aplikasi untuk hack yang tidak terkendala dengan sertifikat, sudah selayaknya kita berterima kasih dan bersyukur adanya aplikasi tersebut.

      Mengenai aplikasi freesigner yang dikeluarkan oleh opda : http://cer.opda.cn/uploads/tools/FreeSigner.sisx walaupun berekstensi *.sisx tapi aplikasi tersebut pun terkendala dengan sertifikat. Dicoba saja install langsung jika tidak percaya pada link download yang saya sebut itu. Mungkin bapak bisa memberikan link aplikasi freesigner yang signed full? Makanya ditulisan ini saya sebutkan cara kedua yang langsung diterapkan di situs shoujizu.net utk melakukan signed terhadap freesigner.sisx, untuk menghindari adanya pertanyaan dari pembaca yang lain jika mendapatkan freesigner.sisx yang tidak signed. Adapun aplikasi signer lainnya yang banyak, belum tentu bisa digunakan di semua platform symbian seperti hal nya freesigner yang telah saya coba sukses di hp s60v3, s60v5 dan symbian^3.

      KOMENTAR :
      ” nah asal bermodal aplikasi itu dan cer key yg udah tertanam di hape. mau di hack atau sekedar mensigning aplikasi tak jadi masalah. di sinilah saya ingin menambahkan bahwa ada dua pemahaman yang beda2 tipis antara hack hape dan me_signing aplikasi dimana keduanya saling berhubungan namun dapat juga dijadikan pilihan. mau hack hape aja, me_signing aplikasi aja, atau kedua2x.”

      di tulisan ini saya sudah menulis : “Untuk “Tahap Signed Aplikasi” baik cara pertama dan cara kedua bisa diterapkan ke setiap aplikasi yang bermasalah sertifikat jika di install ke hp kita, itu berlaku jika hp tidak mau di hack dengan cara di “Tahap Hacking”. Namun jika kita telah melakukan kedua tahap signed dan hack, maka kita tidak perlu untuk melakukan signed ke setiap aplikasi lagi karena sejatinya hp kita telah di hack dan sudah tidak bermasalah dengan sertifikat lagi.”

      Sekian penjelasan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.

  8. bro, wa udah sukses hack hp wa.
    tapi ada masalah bro, waktu buka foto, semua foto yg ada di hp gk kedetect, mw nambah foto kontak pun juga gk kedetect fotonya. tapi kalo dibuka di file browser, file fotonya ada.

    apa itu efek dari hack hp y bro?
    hape wa N97.

    • Seharusnya hack tidak ada efek ke arah itu bro, saya juga pernah pegang N97. coba sebelum di hack di Format Ulang / Hard Reset dlu hapenya. Sebelum di Hard Reset, hubungkan hp ke pc dengan mode mass storage, trus delete folder di mass storage : private, resource, sys, dan system. setelah itu baru di Hard Reset pake *#7370#.

  9. .masz.. ni akku dah instal smua… sukses sich tappi kok bedha iia….
    bedanya :
    1. wktu nginstal “certhack_instal.sis” di freesigner pakek “Self Sign Sis” tu gag bisa.. bisane mallah “Sign Sis”..
    2. trusz dah ke install “hackit”nya…tag buka.. bukanya cepet.. langsung keluar “RomPatcher” tanpa ada kata sukses…
    3. tag buka “RomPatcher”nya tag liiat udah di “Add to Auto” semua…
    …gimana masz appa itthu udah sukses cara hack.ku.???
    tolong REPLY iia masz…

  10. Mas kok lama yach nunggu cer nya … kan biasanya cuma 12 jam tapi kok dah bebrapa hari msh di pendding trz.. ada alamat gi selain yg ada di tutorial mas.
    Terima kasih.

    • wahhh…kalo di C6-00 anda bisa, mudah-mudahan di C6-00 saya juga
      tapi masalahnya sertifikatnya belom keluar/normal juga, huffttt…. 😦

  11. masih belum dapet status normal mas,…kira2 harus menunggu berapa lama ya???bisa dibantu ga

  12. mas.. saya uda berhasil nge-hack.. dan uda keluar tulisan “already hack, you should delete hackit now”
    masalahnya, waktu mw saya uninstal, d setting kok gak ada pilihan hackit y??

    mohon pencerahanx..
    tengkyu be ge te

  13. mas bro……thanks sblumnya atas info trick hacknya…cumen saiia mao nanya lg neh,,np ya app free signer.sisx nya gk bs di instal di hp n95????????kalo aplikasi hack untuk laptopnya sech udh bsa di buka….1 lg mas bro,,kira2 pling lama nunggu cer & key nya brapa lama n apakah trick request key juga sama dg reques cer????????plse help me mas bro…:)

  14. permisi mas,
    ditulisan ini dibilang “siapin windows XP SP3, kalau pake windows 7, gapapa kah?
    thanx

  15. Buat nambahin gan,,aq baru hack hp nih,,tanpa cer dan key,,,lngsung dwnld helloox premium dgn hrga trjngkau,,,d jamin sukses buat hack hp,,,,nih link nya prohox.heck.in
    Smoga bsa mmbntu agan2 smua nya

  16. Gan. . bsa tlong ane gan?tlong bntu ane download Cer + Key wat hpe ane,cz ane dh cba download ndri ga bsa2.please gan mhon bntun’y. .
    Hp ane Nokia N95 dgn Imei 356996011338059
    Low dah bsa Cer + Keynya di krm k email q j y gan,nie emailnya
    kakazaky@yahoo.com
    Mhon bntuannya gan. .
    mksh bgt gan sblumnya wat bntuannya. . n
    sukses trus wat blognya gan. .

  17. mas,,sya ada kLuhan di cara kedua yg Lngkah3’y..pas mau signdsofts da pringatan “As the site traffic is too large, the signature download, open only to users of donations, thank you support.”

    itu knpa ya mas?!

  18. mas bro? Udh tk cba brulang x,tp kuq te2p gk dpt cert. Key ny? Tolong q y mas cri’in cert key hp q “n73 imei 353640014216994” please bntuin q mas… Lo dh dpt kirim k email q y mas blade_cruzer@yahoo.co.id thanks mas bantuanny… Lo q sukses ngehack hp q,ntar tk sbarin alamt blog mas k tmen2 q,biar tmbh rame n sukses!

  19. asss, gan gimana sih cara nya nge hak hp nokia 6710 di opda ? soalnya udah beberapa kali belom jadi jadi juga ???/ mohon penjelasan nya dan bantuannya…..

  20. kata agan td nokia E63 white ga bs di hack..trus gmn? Sy bbrp hr lalu mau install adobe reader le 2.5 yg udh di crack..dn mmg ga bs di install, trtulis sertifikat kadaluarsa..
    Gmn gan carax biar bs di hack..cara lain

  21. nokia e63 white benar ga bs di hack?? Knp?? hp sy tipe itu..trus gmn biar bs menginstall app yg crack..sy prnh mau install crack adobe reader le 2.5, tp ga bs krn sertifikat kadaluarsa…gmn dong?? Sy prlu app tu

  22. maap gan ..klo dri warnet bisa g??boleh minta caranya secara terperinci,soalnya sya sangat awam sekali dngan pc/laptop..sebelumnya sya ucapkan terima kasih..

  23. gan, saya aply ke shoiju udah 3 bulan, udah sempet di delete terus apply lagi tapi belumdapet2.. masih being produced aja terys statusnya..

  24. mass saya minta bantuannya nehh..
    semua tutorial dari awal sampai akhir yang mas berikan sudah saya lakukan
    dan semuanya berhasil
    sampai tahap akhir muncul aplikasi rompatcher+.saya pun sudah meng add to auto semuanya
    tapi ketika menginstal aplikasi yang unsigned atau yang belm terdaftar
    tetap muncul sertifikat kadaluarsa
    padahal di pengaturan telepon sudah saya lakukan seperti yang mas berikan
    mohon koreksi mana yang salah ??
    tipe nokia N81 8gb firmware v21.0.10
    tolong contact ke sini ya mas 087727999266
    ana minta bantuan banget neh

    • cb bntu admin, cmiiw hmm cb remove sign cert key yg expired pake freesigner di hp trus aktifkn cert key pd tab sign cert n sign key trus apply go sign sis’nya.. Pake certkey imei hpmu dlu, jika gak mau ntar cb pake cerkey binpda ato yg lainnya, symbian is awesome, iya gak mas admin he2

  25. mau cari tau bang . .
    klo instal apikasi trus mnta S/N ,bisa ga dihack pake app JustHackIt ini ??
    makasih n dtunggu info nya . .

  26. malam pa’…hp saya e52…uda 3 hr state sertifikat msh being proceed…..apa lg gangguan ya???

  27. tutor mengenai pembuatan cert n key.. shojizu.. dah kadaluarwarsa bow.. ampek 1 tahun juga g bakalan dikasih ama dia…bikin tutor hack., tanpa cert n key.. aza

  28. mantap tutornya gan, tuk rekan2 lain yg mau cert key coba dimari http://www.nokioteca.net cek tutor di blog mas adit38.. Cb tutornya mas di hp c6, klo sukses ntar komen nyusul. Oya sblm n ssudahnya makasih byk mas ats postingannya.. Mklm nubie soal sistem mobile ginian :d wassalam by aacoy

  29. gan,,maap ganggu tadi ane masuk ke opda trus ke sertifikat trus ke sign soft tapi gg bisa malah harus bayar,,tadinya mw ngesertikatin freesigner,,ada cara lain gak tolong pencerahannya ea…thank

  30. gan ane gg bisa menginstal CertHack_Installer signed.sis padahal sama ane udh di freesigner jadi blkangnya sisx,,gmina gan??

  31. mau tanya nih, saya pengguna nokia 6120 classic. udah download applikasi whatsapp n sebenernya lancar. cuma applikasi lain jadi gk bisa dibuka karena memory full. kira2 ada jalan keluar gk ya? saya mo coba install di memory card tp blm tau caranya. mohon bantuan pencerahan dong… trims….

    • tlong hack in hape ane.. nokia 5233. udah coba berbagai cara hack tp ga berhasil. dari norton,dr.web,mobile security,hellox n laen sbgainya.. nomer hp aq 085641517072. 20 ribu klo hp ane berhasil di havk n bisa di gonta ganti font nya.

  32. bozzzz..,,???
    gmn sih cra download aplikasi dan carainstal pnya HP e90..,,???
    bales komen`nya bozzz..,,
    ii need so much bozzz..,,

  33. Hy gan, mau tanya nih.
    Apa sih bedanya ” Sign SIS ” dengan ” Self Sign SIS ” ???

    #mohon bantuannya ya…..

  34. Hy gan, mau tanya nih.
    Apa sih bedanya ” Sign SIS ” dengan ” Self Sign SIS ” ???

    #mohon bantuannya ya……..

  35. Pingback: aplikasi chatting 6120cCamfrog | Camfrog

Leave a comment